ANUGERAH YANG MENGGETARKAN


Mon, 07 November 2016



Bacaan Alkitab : Mazmur 90


"Kiranya kemurahan Tuhan, Allah kami, atas kami..." Mazmur 90:17


Mazmur 90 adalah sumbangsih Musa dalam kitab Mazmur. Tulisan yang sungguh bermakna! Pengembaraan selama empat puluh tahun di padang gurun akan mengubahkan jiwa seseorang. Allah itu kekal, penuh murka, pemarah, pencemburu, kuat, rumit, luar biasa - dan mudah-mudahan penyayang dan penuh kasih. Kami adalah debu, rumput yang kering dan layu, pendosa, melakukan kesalahan diam-diam, penuh ratapan bermasalah, sedih, bodoh dan penuh penderitaan.


Namun mazmur ini, walaupun menjelaskan tentang Allah dan kemanusiaan secara mencengangkan, juga dihargai oleh banyak orang - mungkin karena kejujurannya, begitu otentik sangat memahami kemanusiaan, namun juga sepenuhnya ilahi. Musa dengan berani berkata kepada Tuhan, "Engkau menghanyutkan manusia; mereka seperti mimpi,... Sungguh kami habis lenyap karena murka-Mu... kami menghabiskan tahun-tahun kami seperti keluh... Siapakah yang mengenal kekuatan murka-Mu dan takut kepada gemas-Mu?"


Dan kemudian pemazmur dengan berani memohon, "Kenyangkanlah kami di waktu pagi dengan kasih setia-Mu, supaya kami bersorak-sorai dan bersukacita semasa hari-hari kami." Dengan kata lain, "Tuhan kami sudah menerima padang gurun, sekarang berkatilah kami. Siapa yang berani mengatakan hal tersebut? Hanya seseorang yang pernah berdiri di hadapan Allah yang kudus di semak yang terbakar, menyadari bahwa mukjizat bukan lah semak yang terbakar namun betapa ia tidak terbakar!


Harapan kita terdapat dalam permohonan yang menutup mazmur ini : "Kiranya kemurahan Tuhan, Allah kami, atas kami..."


Doa

Allah sumber segala kasih karunia, kami mengagumi Engkau hari ini, Allah yang membakar dalam kekudusan, namun memilih untuk tidak membakar kami dengan murkaMu, tetapi menyelimuti kami dengan anugrahMu yang menggetarkan. Amin.



Diambil dari Warta Jemaat GKI Pos Jemaat Alam Sutera, Minggu 06-11-2016